Kamis, 19 Mei 2016

Analisis Merek

ANALISIS MEREK
Menurut Undang-Undang No 15 tahun 2001 tentang Merek disebutkan pengertian Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata,  huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.
Hak atas merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam daftar umum merek untuk jangka aktu tertentu dengan menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya
Adapun jenis-jenis Merek, diantaranya sebagai berikut :
1. Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
2. Merek Jasa adalah Merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
3. Merek Kolektif adalah Merek yang digunakan pada barang dan atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan/atau jasa sejenis lainnya.
Terdapat beberapa ketentuan dalam pendaftaran merek. Menurut Undang Undang No 15 tahun 2001 Merek tidak dapat didaftar apabila Merek tersebut mengandung salah satu unsur di bawah ini :
1. Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum ;
2. Tidak memiliki daya pembeda;
3. Telah menjadi milik umum; atau
4.  Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

CONTOH ANALISIS MEREK
1. Garuda Food


Garuda Food merupakan salah satu merek yang ada di Indonesia. Garuda Food merupakan salah satu merek yang sudah terdaftar. Garuda Food menawarkan berbagai macam makanan. Perusahaan Garuda Food didirikan di Pati, Jawa Tengah. Beberapa makanan dan minuman yang diproduksi Garuda Food antara lain: Kacang Garuda, Gerry biskuit, Gerry Salut, Gerry Chocolatos, Okky Jelly Drink dll.
Analisis merek
1. Terdiri dari kata Garuda, Food. Garuda dalam kamus Indoonesi berarti nama burung, sedangkan Food diambil dari bahasa Inggris yang berarti makanan.
2. Terdiri dari warna Biru, Putih,
3.  Terdapat gambar kepala burung Garuda.


2. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar